Rawatan Burung

Burung Fauna

Tips Merawat Burung Cendet ala Mr. Ikul

GADING PUTIH SAAT AKAN DIGANTANG 2

AnekaHobi – Jepara, Banyak cerita dan kisah di dunia perburungan ini, membahas kasus perkasus mungkin tidak akan habis untuk dikupas tuntas. Sedikit bercerita tentang permasalahan di burung Cendet, ada hal menarik yang bisa dikupas untuk bahan referensi rekan kicau mania, yang mungkin sedikit kesulitan untuk menampilkan sang gacoannya agar mau Ngerol Tancep diatas gantangan. Gading Putih gacoan dari Mr. Ikul CKU Jepara pun pernah mengalami masalah pada momongannya ini, Gading Putih pernah trouble dengan kasus sering ngetem atau jeda sewaktu berlaga diatas gantangan. Segala macam metode perawatan sudah diterapkan namun  belum menunjukkan hasil yang maksimal untuk sang momongannya ini. Sedikit frustasi dan patah semangat sempat tersirat dibenak Mr. Ikul dalam menghadapi kendala yang didera Gading Putih, namun berkat kemauan dan tekadnya untuk terus belajar dan bertanya pada rekan-rekan. Permasalahan pada Gading Putih lambat laun mulai terkuak, dan menemui titik terang dalam menentukan perawatan yang tepat untuk Gading Putih.

Semua itu di awali dari pola kita merawat sang momongan, setelah kita tentukan pola rawatan yang pas baru kita perhatikan kebutuhan akan Protein, Vitamin dan Mineralnya agar selalu terpenuhi, Mr. Ikul melanjutkan dengan perawatan normal layaknya harian biasa. Gading Putih mulai keluar rumah pukul 7 pagi, ritual yang dilakukan pertama dengan membersihkan  wadah pakan, minum dan karpet kandang, setelah itu Gading Putih dibiarkan menghirup udara bebas untuk beberapa saat dan diberikan 5 ekor jangkrik. Untuk mandi Gading Putih hanya dimandikan 2 kali seminggu yaitu pada hari Rabu dan Sabtu,  dengan sistem semprot memakai spray layaknya burung Cendet pada umumnya. Disaat mandi ini burung harus bisa sampai kipu dan puas, setelah selesai mandi Gading Putih di berikan pakan pur dan air minum yang baru lanjut dengan penjemuran selama 3 sampai 4 jam tanpa krodong. Setelah puas berjemur, Gading Putih diangin-anginkan setelah itu dikerodong total. Dan pukul 5 sore hari diberikan lagi jangkrik sebanyak 5 ekor dan dibiarkan istirahat. Metode perawatan ini harus dilakukan  secara kontinyu dan konsiten setiap harinya.

GADING PUTIH SAAT BERAKSI DIATAS GANTANGAN

Untuk persiapan lomba tidak ada yang spesial menurut Mr. Ikul, hanya penambahan jangkrik yang 2 kali lipat seperti hari biasanya, sebanyak 10 ekor pagi dan 10 ekor sore. Penambahan jangkrik dilakukan mulai hari Jumat hingga Sabtu  dan 1 sendok kroto segar yang diberikan pada hari Sabtu sore, apabila Gading Putih ingin diikutkan lomba pada hari Minggu. Untuk dilapangan lomba Gading Putih diberikan jangkrik 5 ekor dan dicolok Ulat Jerman 1 ekor 6 sesi sebelum naik gantangan dan  diembun dengan air menggunakan spray. Apabila ingin dimainkan lebih dari 1 sesi, Gading Putih cukup diberikan jangkrik 2 sampai 5 ekor setiap turun dari gantangan. Melihat kondisi performa Gading Putih saat ini, Mr. Ikul merasa yakin untuk menyambangi gelaran-gelaran event Semoga tips dan trik ini bisa bermanfaat bagi rekan kicau semua yang sedang mencari seting perawatan dan membuat Cendet kesayangan anda sekalian bisa Ngerol Tancep diatas gantangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *